Jaringan LAN Tak Stabil? Coba Cara Ini, Yuk!

Hasil gambar untuk lan
Asta Protek Jiarsi - Saat ini, kebutuhan berselancar di dunia internet semakin meningkat. Rasanya tiada hari tanpa internet, tanpanya harimu akan membosankan. Apalagi, saat jaringanmu memburuk atau saat Lan dan Wifi mati. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan jaringan LAN putus nyambung, lho. Hmm.. Lalu apa yang akan kamu lakukan, guys? Nah, beberapa cara di bawah ini, mungkin dapat kamu jadikan referensi bila kamu mengalami masalah LAN yang putus nyambung (seperti hubungan kamu dengannya). Yuk, lets check it out!        

The definition
Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
Gambar terkait

1. Banyak penghalang
Kondisi dalam ruangan pun berpengaruh terhadap kualitas jaringan LAN yang menggunakan teknologi wireless atau WLAN, guys. Mengapa? Ini karena teknologi wireless dapat terganggu bila faktor bangunan tak mendukung penyebaran sinyalnya. Meski begitu, masih ada solusinya kok, guys. Diantaranya yaitu :
- Carilah lokasi penempatan access point yang tepat, agar jarak radiusnya mampu menggapai banyak sudut ruangan dan tidak terhalang tembok.
- Gunakan eksternal receiver, sehingga dapat memperkuat penerimaan sinyal wireless yang ada.

2. Bad quality cable
Hasil gambar untuk cat 5 cable
Tak jarang banyak yang mengalami gejala putus-nyambung karena bermasalah dengan kabel. Oleh karenanya, lebih telitilah saat memilih kabel, guys. Kebanyakan kabel dengan kualitas yang buruk tidak sanggup untuk mentransmikan jaringan dengan baik, sehingga hal ini dapat menyebabkan terjadinya gejala putus nyambung pada jaringan LAN.

Selain itu, perhatikan juga mengenai kerusakan jaringan akibat dari rusaknya kabel oleh hewan pengerat seperti tikus, dll.

3. Trouble on hardware
Kemungkinan perangkat keras jaringan komputer yang anda gunakan mengalami masalah dan mengalami kerusakan tuh guys, bila masalah bukan berasal dari kualitas kabel dan sistem konenktivitasnya. Kerusakan perangkat keras jaringan, selain dapat menyebakan koneksi tak stabil, bahkan bisa sampai menyebabkan koneksi LAN mati total, lho. Perangkat keras yang dapat kamu periksa keadaannya, yaitu : Hub, switch, bridge, access point, router, repeater, dll.

4. How about NIC?
Hasil gambar untuk nic
NIC atau yang biasa disebut Network Interface Card atau kartu jaringan, merupakan sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Nah, mungkin saja kan bila komputermu mengalami masalah pada kartu jaringan, yang menyebabkan koneksi menjadi tak stabil. Solusi terbaik dari masalah ini adalah melakukan penggantian pada NIC, guys.

5. When crimping it
Gambar terkait
Meski terlihat mudah melakukannya, namun bagian ini tidak boleh dianggap remeh lho, guys. Mengapa? Karena bila ada beberapa kabel yang tak sesuai pin konektor RJ45, dan masalah lainnya. Maka bukan tak mungkin masalah koneksi tak stabil akan menghantuimu.

6. IP address on trouble?
Pengalamatan jaringan melalui IP adrdress pun perlu diperhatikan, guys. Salah satu contoh masalahnya ialah pada salahnya sistem routing di dalam sebuah jaringan, yang mengakibatkan jaringan menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya.







0 Komentar untuk "Jaringan LAN Tak Stabil? Coba Cara Ini, Yuk!"

Back To Top