Mau Beli Batik ? Ketahui dulu Pemilihan Batik yang Baik dan Benar yahh

Vans Indonesia - Indonesia memang terknal memiliki banyak keanekaragaman mulai dari pakaian, budaya, adat istiadat sampe lainnya. Indonesia sangat terkenal sekali di berbagai belahan dunia tak heran banyak turis asing yang berkunjung ke Indonesia hanya untuk berwisata ataupun menikmati keanekaragaman budaya pada Indonesia sendiri. dan sebagai warga Negara Indonesia kita seharusnya bisa bangga dong dengan warisan tersebut dan tentunya kita harus benar benar melestarikannya.

Di Indonesia sendiri sih memiliki banyak peninggalannya dari keris, candi sampe batik. Ets bicara soal batik pasti kalian udah tau apa itu batik..

Batik merupakan salah satu warisan budaya indonesia yang telah benar benar di akui di dunia loh, karena dasarnya batik memiliki beberpa ciri khas dan motif tersendiri pada setiap daerah masing masing.

Dengan adanya banyaknya berbagai jenis motifdan bahan batik, kita di tuntut untuk benar benar memilih baju batik dengan bahan yang berkualitas baik. Belum tentu batik yang harganya mahal berkualitasnya baik. Nah untuk itu kita harus dengan jelih memilih bahannya, berikut caranya..

1.    Memilih kain batik
jika kamu ingin membeli batik ada baiknya dah kamu memastikan bahwa batik yang anda pilih itu untuk anda gunakan kegiatan sehari hari atau ke acara acara tertentu. Hal ini di lakukan agar kamu merasa nyaman saat memakai batik. Oke jika untuk sehari hari kamu bisa kok gunakan batik yang berbahan katun yah karena sifatnya yang mampu menyerap keringat lebih baik.

2.    Memilih jenis batik
untuk pilihan jenis sih sebaiknya kamu pertimbangkan lagi dah, jangan asal membeli saja karena jenis batik terbagi dua yaitu batik tulis dan batik cap. Tentunya harganya jauh berbeda yah. untuk batik tulis sendiri memiliki harga yang cukup mahal karena setiap pembuatannya di butuhkan kreativitas yang tinggi dan memerlukan proses yang lama. Sedangkan untuk batik cap tidak memerlukan proses yang cukup panjang seprti halnya batik tulis.

3.    Membalik bahan batik
seblum kamu membeli bahan batik kamu di anjurkan sekali untuk membalik jenis bahan apa yang batik pakai , hal ini di lakukan agar melihat dan mengetahui kualitas dari bahan batik tersebut. Jika kain batik memiliki cetakan warna dan corak yang sama pada sisi luar dan dalamnya berarti batik tersebut memiliki kualitas yang sangat baik dan apabila batik memilik corak dan cetakan telah sama, ini akan menunjukkan kain batik tersebut telah menjalani proses secara detail yah.

4.    Meraba cetakan warna
jika anda ingin tau kain batik yang kamu pilih itu tidak luntur saat di bersihkan, di sarankan yah untuk meraba terlebih dahulu karena ini akan menunjukkan kualitas warna batik.
jika cat warna batik tidak menempel pada tangan anda berarti batik yang anda miliki batik yang bagus dengan pewarnaannya sehingga tidak mudah luntur saat di cucinya, begitu jga dengan sebaliknya jika warna cat batik tersebut menempel pada tangan anda berarti kualitas batik tersebut rendah .
0 Komentar untuk "Mau Beli Batik ? Ketahui dulu Pemilihan Batik yang Baik dan Benar yahh"

Back To Top