Apa itu Lem?

Welcome back guys....



Kali ini kita akan membahas soal lem... ya.... LEM....... 
(jgn ngelem ya) wkwkwk...... :D 

Lem Adhesive - Lem sering kita gunakan dalam kehidupan sehari - hari, tapi apa saja manfaat lem? Sejak kapan lem ditemukan? Siapa penemu lem? Pernahkah kalian penasaran bagaimana bisa zat cair merekatkan benda serta membuat benda itu tidak terpisah satu sama lain? Kenapa lem bisa menempel serta kenapa lem bisa begitu sangat lengket? Zat apa yang membuat lem menjadi lengket? Dan kenapa lem bisa membuat orang jadi mabuk? Serta apa saja jenis dan fungsi - fungsi lem?

Mari kita bahas.... 


1. Sejarah Lem

Menurut para arkeolog, lem sudah ada sejak tahun 4000 SM. Pada situs zaman prasejarah ditemukan jenazah bersama makanan dalam tempat keramik pecah, yang direkatkan kembali dengan resin dari getah pohon.

Di kuil Babilonia pun ditemukan sejumlah patung dengan biji mata dari gading yang ditempelkan dengan tar di rongga mata. Ini bukti bahwa lem tar mampu bertahan selama 6000 tahun.
Namun, referensi tertulis pertama tentang cara membuat dan memakai lem baru muncul tahun +2000 SM. Sejumlah lukisan dinding menampilkan secara mendetail proses pemakaian lem pada kayu. Berbagai benda seni dan perabot dari makam para Firaun Mesir menampilkan peran lem binatang sebagai perekat atau pelapis.




Jadi, lem bukan hanya dari getah pohon saja. Beberapa orang membuat lem dengan bahan dasarnya seperti nasi, tulang dan kulit ikan, bahkan ada pula yang berasal dari susu. Semua itu tentunya diproses dulu, tidak langsung menempel seperti lem sekarang.  
Pada Abad ke - 15 semenjak Romawi dan Yunani mengembangkan seni pernis dan pelapisan kayu, makin berkembang pembuatan lem dari binatang dan ikan. Bangsa Romawilah yang pertama kali memanfaatkan tar dan lilin lebah untuk mendempul papan di perahu dan kapal. Pada masa ini pula ditemukan lem baru, yakni lem putih telur. Lucunya, lem ini mengandung bahan alamiah aneh seperti darah, tulang, kulit, susu, keju, sayuran, dan biji-bijian.

Selain untuk merekatkan, lem juga ampuh membuat orang jadi tersohor. Konon, Jenghis Khan bisa mengalahkan musuh-musuhnya karena kekuatan senjata pasukannya. Busur mereka dibuat dari kayu jeruk lemon yang sudah dilapisi zat tertentu, lalu dengan lem batang itu disatukan dengan tanduk kerbau. Sayangnya, ramuan lem itu tak tercatat baik.

Demikian pula formula lem untuk melapis kayu yang sudah diproses khusus untuk membuat biola ajaib Antonio Stradivari. Meski sudah dicari dengan alat paling canggih pun, formula itu belum juga tersingkap.

Sekitar abad ke - 17 terjadi perubahan fenomenal sejarah lem, tepatnya ketika berdiri pabrik lem komersial pertama di Belanda yang diketahui memproduksi lem binatang. Setengah abad kemudian, Inggris mengeluarkan paten pertama untuk lem ikan. Dengan cepat disusul terbitnya sejumlah paten untuk lem dengan bahan dari karet alam, ikan, kanji, tulang hewan serta kasein. Semenetara pabrik pengolahan lem berbahan itu mulai banyak didirikan di AS pada tahun 1990-an.
Pengaruh revolusi industry nampak dengan ditemukannya bahan dasar baru lem, yaitu plastik. Di tahun 1920-140-an, plastik dan karet sintetis mulai diproduksi. Dari situlah, lem pun menjadi lebih kuat, cepat menempel, lentur serta tahan terhadap suhu dan bahan kimia.

2. Kenapa Lem dapat menempel?

Lem dapat menempel pada suatu benda karena adanya proses adhesi dan kohesi. Yaitu gaya tarik menarik antar partikel yang sejenis maupun yang tidak sejenis. Selain itu, lem memang dibuat dari bahan - bahan yang mengandung perekat serta benda - benda yang lengket seperti nasi(kanji), madu, susu, dan lain - lain. Itulah yang membuat lem dapat menempel dan menjadi sangat lengket. 

3. Kenapa Lem dapat memabukkan?


Seperti yang saya sampaikan di atas.... (jgn ngelem ya)..... wkwkwkwk.... :D

Kenapa lem dapat membuat orang menjadi mabuk?
Karena terdapat suatu zat adiktif yang dapat menyebabkan orang ketagihan, merasa tenang sesaat, menyebabkan halusinasi, dan sensasi melayang - layang hingga langit ke tujuh... 
Perkenalkan nama zat itu adalah..... LSD (Lysergic Acid Diethilamide). Zat ini dapat merubah pikiran, perilaku, suasana hati (mood), dan perasaan seseorang. Biasanya ini merupakan zat depresan yakni zat yang berfungsi untuk penenang. 
Mungkin kalian pernah melihat atau pernah mencoba nya dan menjadi ketagihan?? :D
Tenang saja itu normal, akan tetapi jangan sering - sering. Dan kalau bisa hentikan perbuatan itu. Karena hal itu akan menyebabkan organ tubuh kalian rusak dan otak kalian jadi melemah fungsinya (kalian bisa jadi GILA). Selain itu, dampak terburuknya bisa saja menyebabkan kematian. Terserah kalian bila ingin berlanjut terus atau tidak. 
Sayangilah dirimu kawan.... :)

4. Jenis - Jenis Lem & Fungsinya

1. Lem Fox

Lem Fox adalah lem putih yang bisa digunakan untuk penempelan kayu,kertas,koraltex,texture dan bisa juga untuk plamur tembok.Cara pakainya yaitu poleskan lem ini dengan tipis dan merata pada satu permukaan.
Kedua bagian ditempelkan dan diberi tekanan secukupnya bila dikehendaki bisa diencerkan dengan air 5-10 %.Untuk plamur tembok satu bagian lem ini dengan dua bagian calcium carbonat serta satu bagian semen putih.Tambahkan air secukupnya dan aduk sampai rata
Harga Lem Fox
Ukuran
Harga
1 kg
Rp.30.000
1/2 kg
Rp.20.000
350 gram
Rp.10.000

2. Lem Isarplas

Lem isarplas adalah lem yang berguna untuk merekatkan pipa atau fitting pvc.Aturan pakainya yaitu bersihkan pipa/fitting yang akan disambung dan poleskan dengan lem isarplas.Sambungkan kedua bagian sewaktu lem masih basah.Biarkan sambungan tersebut sehingga lem menjadi keras. 


Harga Lem isarplas
Ukuran
Harga
tube 45gram
Rp.8000
kaleng 400gram
Rp.35.000

Produksi:PT Dynea Indria

3.Lem Aica Aibon

Lem Aica Aibon adalah lem perekat serbaguna bisa digunakan untuk merekatkan aika melamin/hpl,logam,beton,papan fiber,kulit asli/imitasi,kayu,karpet plywood,packing mesin,tambal ban,plastik(kecuali polyethillene dan polyvinychloridde) dan sebagainya.

Cara Pemakaian

1.Bersihkan dan keringkan kedua permukaan dari segala kotoran dan minyak
2.Oleskan AICA AIBON secara merata sebanyak 150-230 gram permeter persegi
3.Tunggu 10-20 menit untuk menguapkan pelarutnya sampai kering(tidak lengket kalau disentuh)kemudian tempelkan kedua permukaan yang telah dioles dan tekan secara merata

Peringatan
1.Kaleng harus selalu ditutup rapat
2.Jangan dihirup dapat menyebabkan keracunan
Harga Lem Aica Aibon
Ukuran
Harga
700 gram
Rp.48.000
300 gram
Rp.35.000
70 gram
Rp.10.000

Produksi PT. AICA Indonesia

4. Lem G(Lem Korea)

Lem G adalah lem serbaguna terbuat dari bahan Cyanocrylate Etil yang bisa digunakan untuk melekatkan plastik,kayu,karet,logam,kulit,keramik.Cara penyimpanan hindari dari cahaya matahari simpan ditempat kering dan sejuk.
Harga:Lem G Rp.7000
Produksi:Tong Shen Enterprise Co.LTD 

5. Lem Dextone

Lem Dextone atau Dextone Epoxy Adhesive adalah lem epoxy yang dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi dengan dua komponen resin dan hardener,aduk dan oleskan.Lem ini akan merekatkan besi,baja,tembaga,plastik,kayu,keramik dan aneka bahan lainnya.
lem ini tahan dan kuat terhadap temperatur tinggi dan sangat luar biasa dalam segala macam hal pemakaian untuk speaker,pecah belah,perabot rumah tangga,radiator bocor,perhiasan,mainan,tangki dan lain-lain.

Cara pemakaian
-Bersihkan dan keringkan bagian-bagian yang akan direkatkan,lalu tekan keluar resin dan hardener dalam jumlah yang sama.
-Aduk resin dan hardener hingga merata,lem akan mulai mengeras dalam 5 menit.
-Oleskan pada bagian yang akan diperbaiki lalu gabungkan dengan permukaan lainnya selama 10 menit.
-Tunggu hingga 3 jamagar benar-benar keras daya rekat maksimal akan diperoleh dalam 16 jam.

Harga Lem Dextone kemasan tube 48 gram=Rp.12.000
Produksi:PT Dextone Lemindo

6. Lem Sealant

Silicone Rubber Sealant adalah silikon asam acetat curing, yang memiliki daya rekat luar biasa dengan kaca, kayu, karet, kanvas, beberapa plastik termasuk polystyrene ,kaca keramik dan permukaan bangunan.Silikon berkinerja tinggi ini telah formulasikan untuk kaca dan konstruksi akuarium.
Harga Lem sealant
Ukuran
Harga
tube 32gram
Rp.8.000
tube 85gram
Rp.12.000

Sekian dulu ya guys perihal tentang lem saat ini..... :D
0 Komentar untuk "Apa itu Lem?"

Back To Top