5 Tips Ampuh Mengatasi Noise Foto Pada Kamera DSLR



Apa itu noise pada kamera? banyak fotografer yang mencari tips mengatasi noise pada kamera. memang hal ini sering terjadi saat pengambilan objek foto dalam keadaan yang minim cahaya. karna semua fotografer pastinya ingin mendapatkan hasil foto yang bagus, dan bahkan bila gambar tersebut dapat menjadi sebuah kenang-kenangan yang tak terlupakan akan dicetak ke media seperti cetak kanvas di jakarta. noise bisa dikatakan sebagai bintik-bintik warna palsu yang ada pada foto yang diambil pada intensitas cahaya yang rendah atau yang biasa disebut artefak dan ini dapat menurunkan kualitas foto.

contohnya saja kalian mengambil gambar dibawah cahaya yang redup, maka objek yang kalian ambil akan dilapisi bintik-bintik warna yang membuat kualitas gambar tersebut tidak bagus. dan pastinya hal ini sangat mengganggu kalian, terlebih jika momen yang ingin di abadikan tak bisa diulang kembali.

Perlu kalian ketahui juga bahwa salah satu penyebab terjadinya noise adalah tingginya piksel kamera. dam ini tidak terlihat jika pengambilan gambar pada cahaya lebih, namun akan terlihat pada kondisi cahaya yang rendah.


Nah, berikut adalah tips ampuh mengatasi noise foto pada kamera DSLR, simak penjelasan berikut :

1. ISO Tinggi
Foto dengan pengaturan ISO yang tinggi akan meningkatkan noise, mengapa demikian? memang ada waktunya kita menggunakan ISO tinggi, namun untuk hasil yang maksimal gunakanlah ISO rendah, misalnya ISO 400 atau kebawah. noise disini akan membuat foto tidak tajam, bisa dikatakan seperti kulit yang pori-porinya terbuka lebar. sebaliknya, ISO rendah (sekitar 60-100) akan menghasilkan foto dengan nada warna lebih padat dan sempurna.

2. Ukuran Sensor
sensor yang berukuran besar seperti pada kamera DSLR mampu mengatasi noise foto, terutama sensor full frame memproduksi noise lebih sedikit daripada sensor yang berukuran kecil yang biasanya terdapat pada kamera saku atau telepon genggam. jadi kalian jangan bandingkan kamera ponsel walaupun pixel foto yang dihasilkan besar.

3. Temperatur warna cahaya terlalu tinggi
Semakin tinggi temperature warna cahaya (diukur dengan derajat Kelvin) semakin tinggi noise. Yang dimaksud dengan temperature yang tinggi adalah warna cahaya yang cenderung kekuning-kuningan, umumnya orang menyukasi warna-warna ini Karena terkesan hangat, jadi hindari temperature tinggi untuk mengatasi noise foto. Sedanngkan warna rendah adalah warna cahaya yang kebiruan dengan kesan kalem atau cool.

4. Eksposur yang lama
dengan exposure lambat kalian bisa menangkap motion dari suatu objek namun dibalik itu sebenarnya ada satu konsekuensi karena semakin lama membuka sensor untuk mengambil gambar, semakin tinggi pula noise yang akan dihasilkan, dan untuk mengatasi noise foto hal ini adalah dengan menggunakan shutter speed yang tinggi.

5. Underesposure
saat kalian ingin mengambil foto dengan pencahayaannya yang kurang, noise akan muncul lebih banyak terutama di daerah yang gelap atau daerah bayangan. untuk mengatasi noise tersebut yaitu dengan cara menggunakan alat penerangan secukupnya. menentukan pengaturan eksposure yang optimal sangatlah penting. untuk mengamati apakah foto over / under, kalian bisa memanfaatkan info pada histogram.

adapun cara lain untuk mengatasi noise foto yang salah satunya adalah dengan memilih hasil foto yang bertipe RAW (jenis file berukuran besar dan menyimpan detail foto terlengkap). lalu menggunakan perangkat lunak khusus untuk kamera tersebut dan mengurangi noise yang timbul. selain itu kalian juga bisa membuka file tersebut di berbagai software pengolah foto lainnya seperto photoshop, adobe lightroom, noise ninja, neat image dan yang lainnya. didalam software tersebut akan tersedia beberapa tools untuk mengatasi noise pada foto.

Demikian ulasan mengenai Tips Ampuh Mengatasi Noise Foto Pada Kamera DSLR, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "5 Tips Ampuh Mengatasi Noise Foto Pada Kamera DSLR"

Back To Top