BEDAKAN ANTARA HACKER & CRACKER!!!

Welcome Visitors!











Cloud Computing Indonesia - Baiklah, kali ini kita akan membahas perbedaan antara hacker dan cracker. Sejauh ini kita semua pasti kenal dengan yang namanya hacker, bahkan mungkin teman - teman di sini ada yang jadi hacker. Akan tetapi, selama ini kita beranggapan bahwa hacker itu adalah seorang kriminal yang berniat untuk mencari keuntungan pribadi melalui rekening bank seseorang dan meraup uang sebanyak - banyaknya dari ATM bank yang dicurinya itu. Anggapan itu salah besar, ada perbedaan besar antara hacker dan cracker. Mari kita bahas dulu pengertian dari kedua kata tersebut.


A. Hacker

















Hacker adalah orang atau sekelompok orang yang memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, serta membuat suatu program yang bermanfaat dan mempermudah dunia jaringan dan sistem operasi. Hacker juga bisa disebut pekerjaan yang bertujuan untuk mencari kelemahan pada suatu sistem dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan sistem yang ditemukannya. Jadi, hacker dapat disebut pengetes keamanan sistem (security tester) pada suatu komputer. Akan tetapi tidak semua hacker baik, dan tidak pula semua hacker jahat. 


B. Cracker












Cracker adalah orang atau sekelompok orang yang mencari kelemahan sistem dan memanfaatkan celah itu untuk keuntungan pribadi seperti pencurian data, penanaman virus, pencurian rekening uang, merusak sistem, dan lain - lain. Dari sini dapat kita simpulkan, kalau cracker jauh lebih berbahaya dibandingkan hacker. Tujuan mereka hanya satu, yakni MALING!!! 
Mereka bisa disebut sebagai perampok, pencuri, copet, kriminal, dan penyamun kelas elite karena kemampuan mereka yang luar biasa dalam memangsa rekening korban. Mereka sulit dilacak dan kebanyakan anggota mereka mungkin berisi agen - agen rahasia atau mafia - mafia internasional.



C. Perbedaan antara Hacker & Cracker 


Hacker: 
  1. Memiliki kemampuan dalam menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Contohnya seperti jika seorang hacker ingin menguji suatu situs dipastikan konten situs tersebut tidak akan berantakan dan tidak akan mengganggu situs lainnya. Bahkan seorang hacker akan memberikan saran dan masukan yang bisa memperbaik kebobolan dari sistem ia retas.
  2. Hacker itu memiliki etika dan kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapapun.
  3. Seorang hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang yang berniat belajar untuk ilmu pengetahuan dan kebaikan.
  4. Seorang hacker akan memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi sehingga seiring dengan kemajuan IPTEK, mereka masih dapat memahami dan mengenali sistem yang baru.
  5. Seorang hacker juga dapat memahami secara cepat kinerja suatu sistem dan mudah belajar pemograman komputer.

Cracker:
  1. Mampu menganalisa kelemahan suatu sistem pada jaringan komputer dan bertujuan untuk membobol akun rekening bank seseorang, merusak sistem, mencuri password email, dan kegiatan kriminal lainnya.
  2. Bisa seorang diri atau berkelompok dalam beraksi.
  3. Memiliki website tersembunyi yang tidak diketahui mesin pencari umum (Google, Yahoo, Safari, dll), biasanya berada pada jaringan DeepWeb. Atau memiliki channel IRC yang tersembunyi dan hanya orang - orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.
  4. Mempunyai IP adress yang tidak dapat dilacak oleh orang lain.
  5. Modus yang sering mereka lakukan adalah carding(pencurian kartu kredit/rekening), pembobolan situs, membuat server web menjadi down, dan lain - lain.

Begitulah perbedaan antara hacker dan cracker. Jika kalian punya ilmu mumpuni layaknya hacker ataupun cracker, tolong gunakan kemampuan kalian dengan bijak. Dan jangan digunakan untuk keuntungan pribadi apalagi kejahatan. Memang banyak orang jahat di dunia ini, akan tetapi itu semua karena orang - orang hanya bisa menonton dan diam begitu saja. Jadi gunakanlah dengan bijak dan untuk kebaikan. Demikian, semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "BEDAKAN ANTARA HACKER & CRACKER!!!"

Back To Top