Pengertian Cloud Computing Beserta Manfaatnya

 Welcome Blogger!




Pengertian Cloud Computing - Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan komputer. Bermain game, mengetik, internet-an, dll. Beberapa program di komputer mungkin hanya bisa dijalankan dengan menggunakan akses internet.

Hal ini berkaitan dengan Cloud Computing atau biasa disebut sebagai Komputansi Awan. Meski masih belum banyak yang mengetahui keberadaan cloud computing ini, cloud computing sekarang sudah banyak dinikmati oleh para pengguna komputer di seluruh dunia. Bagi kamu yang masih belum mengerti tentang cloud computing berikut adalah penjelasannya.

Cloud Computing atau Komputansi Awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer yang dikembangkan dengan berbasis internet. Fungsi cloud computing sendiri adalah menggunakan internet untuk mengakses berbagai program yang ada di komputer. Dengan internet semua bisa diakses tanpa perlu menunggu lama untuk menjalankan program yang ada di komputer.

Setelah penjelasan mengenai pengertian dan fungsi cloud computing, berikut ada beberapa manfaat dari cloud computing, yaitu;

- Server menyimpan semua data secara terpusat. Penyedia layanan cloud computing telah menyediakan penyimpanan data secara terpusat di satu server. Juga tersedia penyimpanan secara virtual sehingga pengguna tidak perlu mennyediakan infrastruktur seperti penyimpanan data atupun data center.

- Data yang tersimpan akan aman. Penyedia layanan cloud  computing juga telah menyediakan jaminan platform teknologi dan jaminan ISO melalui server agar data pengguna tersimpan dengan aman.

- Fleksibel. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Tidak perlu menggunakan kebel atau apapun karena cloud computing dapat diakses dimana saja dan kapan saja karena hanya dengan komputer yang terhubung dengan internet, maka cloud computing bisa dinikmati.

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian dan juga manfaat dari cloud computing. Semoga bermanfaat,

0 Komentar untuk "Pengertian Cloud Computing Beserta Manfaatnya"

Back To Top