Tips Saat Sahur dan Berbuka Agar Tubuh Tetap Fit

Hasil gambar untuk sahur
Hi, guys.. Alhamdulillah, kita masih dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan 1438H. Melaksanakan ibadah puasa merupakan suatu hal yang wajib bagi muslim dan muslimah yang sudah baligh. Nah, agar tetap sehat dan produktir selama menjalankan ibadah puasa, kamu harus coba beberapa tips berikut, guys. Oh ya, utnuk mengisi waktu luang saat ramadhan kamu bisa kok, searching info bermanfaat dengan internet murah untuk dirumah. Tips sehat saat sahur dan berbuka, check it out!


  • Sahur dan berbuka harus tetap :

1. Drink water
Tetaplah mengonsumsi 8-10 gelas air putih sehari, guys. 4 gelas saat buka sampai sholat Taraweh, 2-3 gelas setelah Sholat Taraweh dan 2-3 gelas saat bangun Sahur sampai Imsak.

2. 4 sehat 5 sempurna
Hasil gambar untuk 4sehat 5 sempurna
Moto ini pun harus tetap dipakai saat berpuasa lho, guys. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, maka tubuhmu akan tetap sehat.


  • Sahur Time

Kamu tahu kan kalau saat kita berpuasa, lambung akan kosong kurang lebih selama 15 jam? Nah, karena itulah asupan dan gizi harus tercukupi, selama kita berpuasa. Yang harus kamu perhatikan saat sahur, diantaranya yaitu :

1. Carbohidrate / protein food
Makanan berkabohidrat kompleks dan bahan pangan hewani akan memberikan rasa kenyang lebih lama, karena proses pencernaannya lambat. Contohnya yaitu : Nasi, roti, daging sapi, daging ayam, dll.

2. Manajemen waktu sahur
Hindari waktu sahur yang terlalu awal karena waktu sahur yang terlalu pagi mengakibatkan pengosongan lambung yang terlalu lama sehingga menyebabkan rasa lapar pada siang harinya, dibanding bila kamu melakukan sahur di akhir waktu.

3.     Don't be lazy
Hasil gambar untuk sahur

Common, get up! Jangan malas untuk sahur, ya. Karena sahur merupakan sunah dalam berpuasa. Bila memang sudah terlambat untuk makan, minum air saja sebelum imsak tiba, guys.

4. Don’t sleep?
Gambar terkait

Yap, benar sekali! Jangan tidur sesudah sahur, guys. Lebih baik bila melakukan aktivitas yang bermanfaat lainnya, ya. Mengapa? Agar pemrosesan makanan pada pencernaanmu menjadi lebih lancar. Namun, kalau tetap ingin tidur, sebaiknya tidur dengan bantal tinggi.


  • Berbuka Time

“Berbukalah dengan yang manis-manis” alias berbuka dengan si dia yang manis, *eh, maksudnya berbuka dengan makanan yang rasanya manis, guys.^_^ Makanan atau minuman manis itu diantaranya, kurma, teh manis, dll. Selain itu kamu bisa coba beberapa tips berikut ini :

1. Drink water
Minumlah air terlebih dahulu, guys. Ini dimaksudkan agar perut tidak 'kaget' setelah seharian diistirahatkan.

2. Yang berglukosa tinggi?
Hasil gambar untuk kurma
Nah, seperti yang sudah dijelaskan tadi. Memakan makanan yang berglukosa tinggi dapat menyuplai energi lebih cepat ke otak, sehingga dapat segar kembali saat melakukan shalat maghrib.

3. Eat step-by-step
Makan secara bertahap itu penting, saat berpuasa guys. Makanlah dengan tidak berlebihan, dan jangan lupa memakan makanan lunak agar pencernaan tidak memproses terlalu berat.

Semoga bermanfaat, selamat berpuasa guys. :)
0 Komentar untuk "Tips Saat Sahur dan Berbuka Agar Tubuh Tetap Fit"

Back To Top