Lakukan Ini, Bila Smartphonemu Terkena Air

Hasil gambar untuk smartphone and water
Smartphone, merupakan benda yang wajib dibawa kemanapun kamu pergi. Isn't it right, guys? Mulai dari jalan-jalan, makan, berolahraga, sampai dibawa ke kamar mandi, lho. Kalau kamu menggunakan ponsel jenis smarthphone akan lebih oke kalau kamu pakai paket internet cepat, guys. Btw, untuk kamu yang biasa membawa si smartphone ke kamar mandi, pernahkah ia jatuh? Jatuhnya di air, pula! Wah >_<

Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang cukup rentan terhadap air. Ya, meskipun kini sudah banyak smartphone yang menggunakan teknologi anti air, namun harganya tentu tak murah, guys. Lalu, apakah yang dapat dilakukan apabila smartphonemu terkena air. Ini nih beberapa tipsnya. So, let's check it out!

1. Take it and turn off
Segera ambil ponselmu, guys.. Jangan sampai air masuk lebih banyak. Kemudian, matikan dayanya.

2. Lepas Baterainya
Hasil gambar untuk lepas baterai smartphone
Buka back cover, lalu lepas baterai smartphonemu, bagi kamu yang menggunakan baterai berjenis removable.

3. Lepas everything..
Ya, lepas semua SimCard dan kartu memori pada ponselmu, agar pengeringan berjalan dengan baik dan tentunya tak menimbulkan kerusakan juga pada kartu memori maupun simcard. Ini juga harus kamu lakukan, untuk pengguna peragkat dengan baterai removable maupun non removable.

4. Put it on hulled rice
Gambar terkait
Pernah dengar "taruh hp-nya di atas beras, biar cepat kering" atau enggak, guys? Ahaha, kalau iya, berarti kita sama (my mom always say like that, when my phone is tenggelam:v). Nah, ternyata hal itu bisa kamu coba lho. Salah satu bahan yang bersifat menyerap air di sekitar kita adalah beras. Untuk mengringkan smartphonemu caranya cukup mudah kok, cukup masukan smartphone kedalam semangkuk beras, selama beberapa jam. Agar lebih efektif, kamu dapat membolak-balikan si ponsel, agar penyerapannya lebih merata.

Atau bila kamu tak ada beras, bisa juga dengan menggunakan sinar lampu. Ya, seperti telur yang akan menetas gitu kira-kira. :D Keringkan perangkat kamu di bawah sinar lampu selama kurang lebih semalaman, agar air yang berada pada smartphone mengering.

5. Turn on, deh
Hasil gambar untuk power on smartphone
Setelah ponselmu benar-benar kering, pasang kembali baterai, simcard, dll. Setelah itu, nyalakanlah ponselmu. Semoga menyala, ya ponselmu itu. Kalau belum nyala juga.. kamu harus siap-siap ke service center yang terpercaya tuh, guys. Atau.. Mendingan dilem biru aja? Lempar, lalu beli yang baru hp-mu itu. //_ //

That's all, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Lakukan Ini, Bila Smartphonemu Terkena Air"

Back To Top