Metode Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard SurabayaDikala mulai merintis layanan startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal hal yang demikian dapat menjadi salah satu unsur penting yang memastikan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Berdasarkan yang wajib dipertimbangkan saat pertama kali sebelum menentukan variasi server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Metode Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Apakah server akan digunakan untuk kebutuhan rumit, menengah, atau sebatas digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan jenis server yang cocok untuk usaha  Anda.
Sekarang ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam 4 bagian, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya diterapkan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak dipakai sebab formatnya yang tipis dan gampang dipasangkan pada rak server.
Model server ini sangat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah user laptop antara dua puluh hingga seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan suplai kekuatan back up untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Server ini sanggup melakukan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, memegang sistem pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga mampu tampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih cepat. Sebagian, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun begitu server tipe ini memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan macam ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu memakai penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini tepat untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, web berita, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan tipe server tertinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari 1.000 user yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini lazimnya diterapkan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berimbas pada performa perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak menampung pekerjaan pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan bisnis rugi secara financial, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.
0 Komentar untuk "Metode Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Usaha Anda"

Back To Top