Tips Menentukan Model Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

Harga Rack Server 20uKetika memulai merintis layanan startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi salah satu elemen utama yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang harus dipikirkan saat pertama kali sebelum pilih variasi server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk keperluan high, sedang, atau sebatas dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru bisa memutuskan macam server yang cocok untuk layanan  Anda.

Tips Menentukan Model Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Saat ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam empat kelompok, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari masing-masing server ini? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan karena bentuknya yang tipis dan gampang ditaruh pada rak server.
Tipe server ini amat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pemakai pc antara dua puluh sampai seratus orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai tenaga back up untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara beriringan. Server ini sanggup mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur cara pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data saat perusahaan berkembang lebih cepat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meski begitu server tipe ini mempunyai keistimewaan tersendiri bila dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menerapkan penyuplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini tepat untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website isu, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu tipe server tertinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendingin ruangan yang optimal supaya server dapat bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap saat.
Memilih server yang ideal akan berdampak pada daya kerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung pekerjaan user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan bisnis rugi dari sisi financial, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.
0 Komentar untuk "Tips Menentukan Model Server yang Layak dengan Perusahaan Anda"

Back To Top