5 Inovasi Kreatif Teknologi Kamera Smartphone Kini

Paket Internet Unlimited Termurah - Smartphone bukan sekedar alat komunikasi, tapi juga multifungsi. Apapun bisa kita lakukan dengan smartphone, mulai dari browsing, chatting, SMS, telpon, video call, dan lain - lain. Dengan adanya smartphone, kehidupan manusia memang menjadi lebih mudah. Salah satu fungsi lain smartphone adalah alat untuk bebas berekspresi dan jadi hiburan. Ngomong - ngomong masalah berekspresi, siapa yang ga suka selfie? Iya, hampir semua orang suka selfie dan gemar berfoto ria. Akan tetapi, apa kalian tahu inovasi apa saja yang kamera smartphone miliki saat ini? Penasaran? CEKIDOT!!

1. Dual Camera



Saat ini siapa yang tidak kenal dengan smartphone yang punya Dual Camera? Ya, saat ini smartphone memiliki dua kamera. Diperkenalkan perdana oleh HTC versi One M8 pertama kali pada tahun 2014 lalu, fitur ini makin populer. Terutama saat Apple menambahkan fitur ini pada iPhone 7 dan Huawei juga menggunakannya pada seri P9.

Pada HTC, fitur dual camera digunakan untuk mengubah fokus dan menangkap gambar 3D, sementara Huawei menggunakan fitur ini untuk menghasilkan gambar yang monokrom. Kalau iPhone 7 menggunakan fitur ini untuk memberikan efek realistik pada gambar.


.2. Laser Auto Focus



Inovasi teknologi ini pertama kali dilakukan oleh LG 34 dengan fitur Laser Auto-Focus nya yang terkenal. Fitur ini bisa menangkap sebuah obyek dengan sangat cepat, dan diperkirakan hanya membutuhkan waktu sekitar 276 milidetik saja. 

Selain itu, fitur ini juga bisa memotret foto yang dipotret saat cahaya sedang minim. Fitur ini juga terdapat pada smartpone LG lainnya seperti G4 & G5. Beberapa produsen smartphone lain yang punya inovasi seperti ini adalah ASUS ZenFone LaserOnePlus, dan Lenovo.

.3. Optical Zoom



Optical Zoom terbilang fitur langka pada smartphone dan jarang sekali produsen smartphone yang memasang fitur ini. Alasannya adalah terlalu berat dan dikhawatirkan bisa mengurangi estetika desain smartphone tersebut. 

Optical zoom disebut juga true zoom, karena dengan fitur ini kita bisa memperoleh gambar dengan kualitas baik sekalipun memotret dari jauh. Hal ini dikarenakan fitur ini memiliki fungsi menarik yang hasilnya tetap detail dan realistis dibandingkan mode digital zoom. Jika kalian tertarik dengan fitur uniknya ini, kalian bisa menemukan optical zoom pada Samsung Galaxy K Zoom dengan sensor 20 MP dan 10x optical zoom, ASUS ZenFone 3 Zoom dengan fitur 12x optical zoom serta Moto Z yang punya mods Hasselblad True Zoom dengan kemampuan 10x optical zoom.

4. Kamera Flash Depan



Salah satu inovasi menarik lainnya dari kamera smartphone masa kini adalah memiliki kamera flash di bagian depan. Semua ini dibuat tentunya untuk memudahkan orang yang giat berselfie ria sekalipun di tempat gelap. Beberapa produsen smartphone yang mendukung fitur ini adalah Sony C3 dan Samsung Galaxy J5 yang punya kamera depan 5 MP dan dilengkapi dengan lampu flash LED, beserta ASUS ZenFone Selfie dengan kamera depan 13 MP dan dua LED real tone flash

5. Optical Image Stabilization



Kalau kita sudah akrab dengan handphone iOS, sekarang ada fitur kamera smartphone yang mendukung hasil foto tajam tanpa blur sekalipun tangan tidak stabil. Namanya adalah OIS (Optical Image Stabilization). Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu kuatir saat ingin memotret obyek yang jauh, karena hasilnya sudah dipastikan tajam tanpa blur. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para detektif, kalian yang suka iseng memotret dari jauh, dan fotografer human interest. Beberapa produsen smartphone yang punya fitur ini adalah iPhone 6, LG G5, LG V20, Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Mi 5 dan HTC 10.


Oke itulah beberapa inovasi yang dimiliki kamera smartphone saat ini. Bagaimana tertarik untuk mencobanya? Beberapa fitur di atas akan sangat berguna bagi kalian yang suka hunting dan kepengen banget jadi fotografer. Ya, dengan fitur - fitur di atas kalian bisa mengabadikan momen apapun di sekitar kalian. Akan tetapi, jangan berlebihan juga tentunya. Karena efek selfie-lah orang seringkali banyak yang mati dan kecopetan. 


Demikian, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "5 Inovasi Kreatif Teknologi Kamera Smartphone Kini"

Back To Top