Ini Dia Tanda-Tanda Smartphone Terkena Virus

Hasil gambar untuk smartphone virus
Cloud Storage Indonesia - Smartphone, merupakan benda yang wajib dibawa ke mana pun pergi. Nah, pada era teknologi seperti sekarang ini, tentunya akan membuat smartphone semakin beragam jenisnya, dan spesifikasinya pun semakin amazing! Nah, sayangnya .. Virus pun tak mau kalah untuk terus berkembang, guys. Sampai-sampai, smartphone pun tak ketinggalan untuk diinfeksi oleh si virus.

Mungkinkah smartphone yang kita gunakan sudah terinfeksi virus atau malware?  Harap tenang, guys.. Berikut ini ada beberapa informasi  yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengetahui tanda-tandaapakah smartphonemu terkena virus atau tidak. So, lets check it out, guys!

1. Baterry is drop
Gambar terkait
Baterai smartphone kamu lebih cepat habis dari biasanya? Padahal kamu menggunakan smartphone secara wajar. Mungkin saja ada program lain yang berjalan di background yang bisa jadi adalah virus, guys. So, lebih jeli lah terhadap aplikasi yang akan kamu install ya!

2. Suddenly end up, when you're still at phone call
Gambar terkait
Sedang menerima telepon dari orang lain, namun tanpa diketahui dengan jelas pembicaraan terputus! Bukan jaringannya yang terganggu, malahan pulsa si penelpon habis!!

Berhati-hatilah, guys.. Karena ada beberapa jenis virus yang dapat merusak atau dapat mempengaruhi panggilan masuk, sampai menyedot pulsa bila ditambah terkena phising. :(

3. Pop-up Advertising everywhere
Hasil gambar untuk popup at homescreen
Apabila kamu menemukan iklan atau pesan pop-up tersebut hadir ketika tidak melakukan apa-apa. Misalnya di homescreen, lockscreen, atau saat membuka aplikasi yang biasanya tidak memunculkan iklan. Itu.. patut diwaspadai, kalau smartphone telah terjangkit virus!

Oh ya, jangan sampai kamu mengklik iklan yang muncul. Itu adalah salah satu jalan untuk peretas mengambil informasi penting milikmu.

4. Lemot seperti siput?
Hasil gambar untuk smartphone lemot
Tanda-tanda bila smartphone terkena virus ialah menurunnya performa, smartphone jadi lemot dan jadi sering hang. Mungkin smartphone kamu telah mengunduh cache yang berisi malware berbahaya, guys. Solusinya adalah menghapus cache tersebut.

5. Kuota habis tiba-tiba
Padahal baru ngisi kuota, gak searching yang berlebihan, dan di notif pun masih belum habis kuotanya. Lalu, mengapa bisa habis kuotanya?

Hmm.. Coba deh, cek program yang "gak biasa" perilakunya terhadap kuota.
Hasil gambar untuk Pengaturan > Data usage
Caranya buka Pengaturan > Data usage. Dari situ, kamu bisa melihat daftar aplikasi yang paling menyedot kuota. Jika aplikasi tersebut sering kamu gunakan, ituno problem untuk diuninstall.

Dan.. Yang gak wajar, adalah ketika ada aplikasi yang sangat jarang sekali kamu gunakan, namun muncul dalam daftar atas penggunaan kuotanya.  Harus kamu curigai, dan bila memang tidak bermanfaat.. Alangkah baiknya untuk diuninstall saja guys!


6. Redirect site, it could be malware!
Hasil gambar untuk redirect site
Pernah membuka situs download, namun pada saat linknya di klik.. Malah muncul situs lain yang "aneh" ataupun berisi iklan yang mengganggu. Weitss.. Hati-hati ya, guys.. Bisa saja itu virus malware! Jadi, untuk menghindari hal seperti itu, perhatikanlah kembali daftar seluruh aplikasi yang ada di smartphonemu, kemudian pastikan hanya aplikasi yang dibutuhkan saja yang ada pada smartphonemu.

7. Long time for take booting
Hasil gambar untuk smartphone booting
Waktu menyalakan ataupun merestart smartphone, memakan waktu lama? Ada 2 kemungkinannya nih, guys.. Smartphonemu itu rendah memori RAM/Internalnya rendah. Atau.. Terkena malware.

Factory reset adalah solusi yang harus dilakukan bila memang kondisinya lebih parah dan booting sangat lama, guys.

Semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "Ini Dia Tanda-Tanda Smartphone Terkena Virus"

Back To Top