Efek Krom Bagi Kehidupan Manusia




Kromium adalah salah satu jenis mineral yang mempunyai berbagai manfaat dan fungsi. Diketahui Kromium atau biasa disebut dengan krom merupakan loham tahan korosi yang artinya dapat tahan terhadap karat dan dapat dipoles menjadi mengkilap. Dikarenakan kelebihannya tersebut, krom banyak digunakan untuk pelapis ornament bangunan, komponen kendaraan, dan benda berbahan plastik, bahkan emas. Emas yang dilapisi krom disebut dengan emas putih. Diketahui kromium memilki bebrapa golongan namun yang paling sering digunakan hanyalah 3 golongan yaitu kromium III , IV dan VI

Kromium III inilah merupakan nutrisi penting bagi manusia namun jika terlalu banyak dapat meninggalkan efek ruam kulit.

Kromium IV merupakan kromium yang paling berbahaya dikarenakan bahan ini digunakan untuk pembuatan pita magnetic dan apabila mengkontaminasi tanah maka tanah tersebut menjadi berbahaya terhadap manusia.

Kromium VI merupakan kromium yang biasa digunakan oleh industry untuk membuat berbagai macam benda seperti stainless steel, chrome plating, keramik logam, plastik krom, pelapisan cermin pada baja dan lain lain. Namun kromium dapat memberikan efek buruk bagi pekerja yang ada di sebuah industry atau pabrik yang menggunakan bahan kromium sebagai bahan utama atau bahan campuran untuk membuat suatu benda karena sudah dipastikan kalau mereka sudah terpapar kromium.

Masalah kesehatan lain yang ditimbulkan oleh kromium VI ialah :
- Ruam kulit
- Perut mual dan bisul
- Masalah Pernapasan
- Kerusakan Ginjal
- Kanker Paru Paru
- Sistem Imun melemah
- Perubahan materi genetic
- hingga kematian

Namun selain untuk keperluan industry, di bidang kesehatan krom cukup berperan penting. Manusia diketahui juga memerlukan kromium yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah, mencegah hipertensi, menstabilkan karbohidrat di dalam tubuh dan mampu mencegah kehilangan ingatan atau mengatasi penyakit Alzheimer.

Kromium dapat ditemukan dalam lingkungan sekitar, karena erosi batu batuan yang mengandung kromium dapat didistribusikan oleh ledakan gunung berapi sehingga dapat bercampur secara alami dengan tanah, laut, sungai dan danau. Sekitar 2/5 batu krom dan konsentratnya di dunia diproduksi di afrika selatan, Kazakhstan, india, Russia dan turki. Bahkan terdapat kromium yang belum digali dengan jumlah yang sangat melimpah yang secara geografis berpusat di Kazakhstan dan afrika selatan.

Kromium juga merupakan suplemen kesehatan untuk mengurangi resiko penyakit jantung, mampu mengontrol denyut jantung, menangkal infeksi sel dari
kerusakan. Kromium diperlukan oleh tubuh sebanyak 200 – 1000 mikro gram tergantung kondisi, usia, jenis kelamin. Jika mengkonsumsi kromium dalam batas wajar tidak akan memberikan efek samping yang negative namun jika melebihi ambang batas, maka akan menyebabkan masalah perut dan gula darah rendah. Jika mengkonsumsi suplemen dengan dosis yang tinggi maka dapat merusak hati, ginjal dan saraf. Namun dapat diikatakan akibat mengkonsumsi dosis yang tinggi jarang terjadi.

Sekian info tentang efek kromium untuk kehidupan manusia. Semoga bermanfaat……
Kunjungi Juga >>>>>>>>>>>> CHROM PLASTIK
0 Komentar untuk "Efek Krom Bagi Kehidupan Manusia"

Back To Top