Masih Mau Umbar Data Pribadi di Sosmed, Setelah Baca Ini?

Gambar terkait
Masih ingat dengan kata-kata “Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku, tetapi juga karena adanya kesempatan.” ? Nah, begitu pula dengan kejahatan siber, guys. Celah yang terbuka dalam dunia internet, terutama pada era pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, semakin mengundang banyak penjahat siber. Sayangnya, terbukanya celah tersebut kebanyakan merupakan salah dari pengguna sosial media atau internet itu sendiri.

Lihat saja, mulai dari  foto-foto pribadi dan keluarga, alamat email, nomor telepon, alamat rumah, dan lokasi yang bisa diakses melalui peta digital dengan mudah, apalagi bila menggunakan paket 4g termurah. Hal-hal tersebut, tentunya semakin memudahkan si penjahat siber merencanakan dan melakukan aksi jahatnya, bukan? Jangan sampai kamu jadi korbannya ya, guys.

Hasil gambar untuk cyber crime
Melalui social engineering, pelaku dapat dengan mudah melakukan aksi tipu daya. Ya, tanpa perlu repot-repot melakukan teknik hacking yang canggih lagi. Nah, inilah saatnya untuk mulai membatasi diri untuk mengunggah informasi, yang secukupnya saja di jejaring sosialmu, guys. Bagaimana cara membatasi diri tersebut? Wah, itu mudah saja kok! Ini nih, diantaranya :

1. Atur pertemanan di jejaring sosialmu, akan lebih aman lagi bila akun kamu di “private mode” kan. Jadi, kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa menjadi temanmu, deh.

2. Atur siapa saja yang bisa melihat konten yang kamu bagikan, misalnya.. Bila konten bersifat pribadi, dan hanya orang-orang terdekat yang bisa mengetahuinya, bagikan kepada oang-orang terdekatmu saja.

Hasil gambar untuk best profile picture3. “Apa yang sudah ada di internet, akan selamanya berada di internet” Ingat kalimat itu, guys. So, sekarang lebih baik pertimbangkan hal-hal yang menyangkut data pribadi kamu, seperti nomor telepon, alamat rumah, alamat email, bahkan hingga foto-foto keluargamu pun harus dijaga, agar tidak disalahgunakan, guys.


4. Tentang fotomu yang pretty/handsome itu, sebaiknya jangan diupload pada sembarang tempat, ya.. terutama untuk kaum wanita yaa. Mengapa? Pernah dengar berita penculikan yang awalnya hanya mengenal wajah korban dari foto di sosmed? Pernah dengar tentang kejadian penculikan karena hang out bersama orang yang baru kamu kenal di sosmed? Nah, itulah beberapa contoh yang semoga saja tak terjadi pada kita, ya.
Jadi, waspadalah waspadalah! ^_^

0 Komentar untuk "Masih Mau Umbar Data Pribadi di Sosmed, Setelah Baca Ini?"

Back To Top