Cara Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Bisnis Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorDikala memulai merintis bisnis startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal ini dapat menjadi suatu unsur penting yang memutuskan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang wajib dipikirkan pertama kali sebelum memilih jenis server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk keperluan kompleks, sedang, atau hanya dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat memutuskan macam server yang cocok untuk jasa  Anda.


Cara Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Bisnis Anda


Saat ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam 4 bagian, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini biasanya diterapkan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena wujudnya yang ramping dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas user computer antara dua puluh sampai seratus orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik dibandingikan dengan server macam entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai energi back up untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini bisa melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, membatasi metode pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga sanggup simpan lebih banyak data ketika perusahaan berkembang dengan cepat. Sebagian, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun demikian server jenis ini memiliki kelebihan tersendiri jika diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan macam ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat mengaplikasikan penyuplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Jenis server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website info, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah model server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang optimal agar server dapat bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang sanggup diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berakibat pada kinerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak menampung pekerjaan pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan usaha rugi secara financial, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.
0 Komentar untuk "Cara Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Bisnis Anda"

Back To Top