Kiat-kiat Menentukan Jenis Server yang Layak dengan Bisnis Anda

Harga Rack Server 20uKetika mulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diterapkan. Sebab hal tersebut dapat menjadi suatu faktor prioritas yang memastikan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang semestinya dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih variasi server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk kebutuhan rumit, menengah, atau hanya digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru bisa menentukan macam server yang sesuai untuk bisnis  Anda.

Kiat-kiat Menentukan Jenis Server yang Layak dengan Bisnis Anda


Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat kelompok, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kesanggupan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini lazim dipakai dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan sebab formatnya yang ramping dan mudah dipasangkan pada rak server.
Macam server ini sangat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pengguna computer antara dua puluh hingga 100 orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingkan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai kekuatan back up untuk mempertahankan server tetap menyala terus.

Midrange server sanggup menangani beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa melaksanakan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang cara pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga dapat simpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan cepat. Beberapa, server model ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meskipun begitu server macam ini memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menggunakan suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman informasi, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server tertinggi. Server ini sanggup menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung pada database yang besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya disusun di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal supaya server dapat berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu diandalkan setiap saat.
Memilih server yang tepat akan berdampak pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung pekerjaan pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.
0 Komentar untuk "Kiat-kiat Menentukan Jenis Server yang Layak dengan Bisnis Anda"

Back To Top