Metode Memilih Tipe Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaSaat memulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan macam server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal ini bisa menjadi salah satu elemen utama yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Berdasarkan yang mesti dipikirkan pertama kali sebelum menentukan ragam server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk keperluan rumit, sedang, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa menetapkan tipe server yang layak untuk jasa  Anda.

Metode Memilih Tipe Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat kelompok, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kemampuan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server model ini biasanya digunakan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan sebab wujudnya yang tidak memakan tempat dan mudah diletakkan pada rak server.
Tipe server ini amat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas user laptop antara dua puluh sampai seratus orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai tenaga back up untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menghandle sebagian tugas secara berbarengan. Server ini mampu melakukan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengendalikan sistem pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga bisa meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih besar. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun demikian server model ini memiliki keunggulan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat menerapkan suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini sesuai untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, website info, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah tipe server tertinggi. Server ini mampu menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari seribu user yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya disusun di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang maksimal supaya server mampu bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang ideal akan berpengaruh pada daya kerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini mampu mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.
0 Komentar untuk "Metode Memilih Tipe Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda"

Back To Top