Metode Memilih Tipe Server yang Sesuai dengan Jasa Anda

Sewa Server MurahKetika memulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi salah satu faktor prioritas yang memutuskan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang wajib dipertimbangkan saat pertama kali sebelum memilih variasi server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk keperluan kompleks, sedang, atau sebatas diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru dapat memastikan jenis server yang tepat untuk usaha  Anda.

Metode Memilih Tipe Server yang Sesuai dengan Jasa Anda


Saat ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 golongan, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server jenis ini lazim dipakai dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak digunakan karena formatnya yang slim dan mudah dipasangkan pada rak server.
Jenis server ini sangat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas user laptop antara dua puluh hingga 100 orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server jenis entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai tenaga back up untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup melakukan sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, memegang metode pembagian data, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga bisa tampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih cepat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan memory RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun demikian server macam ini memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terhubung pada sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menggunakan penyuplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka jikalau ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini tepat untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman kabar, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu model server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari seribu user yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini umumnya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server mampu berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berdampak pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak mampu menampung pekerjaan user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan usaha rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.
0 Komentar untuk "Metode Memilih Tipe Server yang Sesuai dengan Jasa Anda"

Back To Top