Kisi-kisi Pilih Tipe Server yang Sesuai dengan Jasa Anda

Harga Rack Server 20uPada saat mulai merintis layanan startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal tersebut dapat menjadi salah satu elemen penting yang mempertimbangkan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Menurut yang mesti dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih ragam server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk kebutuhan high, sedang, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat menetapkan jenis server yang cocok untuk bisnis  Anda.

Kisi-kisi Pilih Tipe Server yang Sesuai dengan Jasa Anda


Saat ini keperluannya, model server dibagi ke dalam 4 golongan, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server macam ini lazim digunakan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena bentuknya yang slim dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini sangat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna pc antara 20 hingga 100 orang dapat menggunakan server jenis ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus dibandingkan server tipe entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai kekuatan cadangan untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara berbarengan. Server ini mampu melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, membatasi sistem pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga bisa meyimpan lebih banyak data saat perusahaan berkembang dengan besar. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meskipun begitu server jenis ini memiliki keistimewaan tersendiri bila diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan model ini terhubung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat memakai suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, situs info, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah model server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari seribu pengguna yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan cara pendingin ruangan yang maksimal supaya server bisa berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang ideal akan berpengaruh pada kinerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak bisa mengakomodasi kerja pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.
0 Komentar untuk "Kisi-kisi Pilih Tipe Server yang Sesuai dengan Jasa Anda"

Back To Top