Metode Menentukan Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Harga Server UnbkPada saat memulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut dapat menjadi sebuah faktor utama yang menetapkan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang harus dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih macam server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.

Metode Menentukan Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda


Apakah server akan digunakan untuk keperluan rumit, menengah, atau sebatas digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan tipe server yang tepat untuk layanan  Anda.
Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 bagian, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server model ini umumnya digunakan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan karena bentuknya yang ramping dan gampang ditaruh pada rak server.
Jenis server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna computer antara dua puluh sampai 100 orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan suplai energi cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa melakukan sebagian tugas secara beriringan. Server ini mampu melakukan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang metode pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga bisa tampung lebih banyak data ketika perusahaan berkembang dengan pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meski begitu server jenis ini memiliki kelebihan tersendiri kalau diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan macam ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat mengaplikasikan suplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Tipe server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, web kabar, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah macam server tertinggi. Server ini sanggup menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server model ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang optimal agar server bisa bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu dipercaya setiap saat.
Memilih server yang ideal akan berpengaruh pada performa perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak mengakomodasi kerja pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.
0 Komentar untuk "Metode Menentukan Macam Server yang Cocok dengan Jasa Anda"

Back To Top