Tips Pilih Model Server yang Cocok dengan Jasa Anda

Harga Server unbkPada saat mulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal hal yang demikian bisa menjadi sebuah faktor prioritas yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Menurut yang seharusnya dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih tipe server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.

Tips Pilih Model Server yang Cocok dengan Jasa Anda


Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan rumit, sedang, atau hanya digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat memutuskan model server yang tepat untuk jasa  Anda.
Sekarang ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam 4 bagian, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya dipakai dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak digunakan sebab bentuknya yang ramping dan mudah diletakkan pada rak server.
Jenis server ini amat layak untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas user pc antara dua puluh sampai seratus orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server macam entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai tenaga cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara bersamaan. Server ini mampu melaksanakan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur sistem pembagian data, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan besar. Sebagian, server model ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun begitu server tipe ini mempunyai keunikan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Macam desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menggunakan penyuplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, website informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server tertinggi. Server ini bisa menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari 1.000 pemakai yang bergantung pada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal agar server mampu bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berimbas pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kekeliruan ini mampu mengakibatkan bisnis rugi secara financial, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.
0 Komentar untuk "Tips Pilih Model Server yang Cocok dengan Jasa Anda"

Back To Top