Tips Memotret Milky Way



Harga cetak foto – mungkin Milky Way sudah tak asing lagi di telinga kita apalagi bagi pecinta photo yang berlatar astronomi. Memang milky way adalah sekumpulan gugusan bintang yang beribu sehingga tampak seperti lajur cahaya ( bima sakti .
 Sebetulnya kabut ini adalah kumpulan dari miliaran bintang dan juga debu dan gas. Pada masa dahulu, kumpulan miliaran bintan Milky Way ini hanya dapat dinikmati oleh para astronom melalui teropong khusus. Namun pada zaman ini anda sudah bisa menikmati pesona milky way dengan teknologi yang anda punya asalkan anda mau mengikuti langkah yang saya berikan sebagai berikut.
Cara memotret milky way

1.CarilahTempat Dengan Langit Yang Sangat Gelap
Ini adalah ketentuan paling utama bila Anda ingin memotret Milky Way dengan kamera. Segeralah pergi keluar dari kota, ke pegunungan atau ke pantai yang jauh dari keramaian untuk mendapatkan foto Milky Way yang sempurna. Banyaknya cahaya dari lampu-lampu di kota akan menyebabkan polusi cahaya pada foto Anda sehingga akan mengaburkan foto Milky Way tersebut. Selain itu anda harus menunggu sampai tengah malam ketika langit malam benar-benar gelap.
2. Jauhkan Mengambil Foto Milky Way Saat Bulan Purnama
Karena bila kemudian terdapat bulan purnama dengan cahaya yang terang hal itu juga akan menyebabkan foto milky way Anda juga akan kabur. Usahakan untuk mengambil foto Milky Way ketika usia bulan masih muda atau belum bersinar penuh.
3. Foto Milky Way Yang Bercampur dengan cahaya bulan
 Walaupun Anda telah berada jauh dari keramaian kota dan berada di tempat yang jauh dari cahaya kota namun bila kemudian terdapat bulan purnama dengan cahaya yang terang hal itu juga akan menyebabkan foto milky way Anda juga akan kabur. Usahakan untuk mengambil foto Milky Way ketika usia bulan masih muda atau belum bersinar penuh.
4. Carilah Dimana Posisi Milky Way Berada
Sebaiknya Anda harus  mencari informasi pada waktu kapan Milky Way akan terlihat dan di posisi mana. Anda dapat mengetahui hal tersebut dengan bantuan aplikasi atau software Stellarium. Ini adalah aplikasi atau software yang biasa digunakan untuk melihat antariksa, Anda bisa mendownload dan menginstallnya di laptop, komputer ataupun Smartphone Anda. Pada aplikasi ini terdapat fitur untuk mengetahui posisi serta waktu kemunculan dari Milky Way.
5. Pakailah Tripod Untuk Mendapatkan Hasil Terbaik
usahakan Anda menemukan cara untuk membuat kamera tersebut tidak bergoyang seperti menggunakan tripod ini. Karena memotret Milky Way adalah memotret cahaya, dimana pergeseran sedikit saja akan membuat hasil foto Anda goyang atau kabur.
6. Nyalakan Kamera Ke Settingan Terbaik
Gunakan Lensa Lebar dengan kecepatan tinggi. Lensa dengan apperture maksimum f/2.8 sangat dianjurkan, namun bila Anda tidak punya Anda tetap dapat menggunakan lensa apapun yang anda punya tentunya hasilnya akan berbeda.
Setel difragma ke nilai atau angka yang paling kecil dari settingan yang ada di kamera Anda.
Setel ISO kamera Anda ke angka 3200 untuk mengumpulkan cukup cahaya, namun ini bukan patokan wajib. ISO 3200 dipakai sebagai awal saja, Anda dapat menyesuaikan naik atau turun sesuai keperluan Anda.
Pergunakan kecepatan atau speed shutter yang rendah antar 13 atau 20 detik. Anda bisa juga menggunakan rumus aturan 500 dimana ini caranya adalah dengan membagi angka 500 dengan panjang lensa yang Anda gunakan. Contoh, Anda menggunakan lensa 24mm, maka speed shutter yang dapat Anda set adalah 500/24 = 20.83 atau dibulatkan 20 detik. Kegunaan ini adalah untuk mendapatkan foto dengan cahaya yang cukup tanpa over exposure.
Pergunakan setting manual untuk fokus dan jangan otomatis dan setting ke jarak fokus terjauh.
Pergunakan format foto Anda dalam format RAW, ini agar Anda lebih mudah untuk mengolahnya kembali dalam proses retouch.
7. Gunakan Komposisi Yang Unik
Bila Anda sudah dapat mengambil foto Milky Way dengan baik, cobalah untuk lebih kreatif dan menciptakan karya imajinatif dengan menambahkan komposisi yang unik dari hasil karya Milky Way Anda, seperti menambahkan latar depan dan menjadikan Milky Way sebagai latar belakang. Latar depan ini bisa bermacam-macam seperti bangunan, pohon, orang berdiri atau lainnya yang membuat foto Anda tampak lebih unik dan hidup.


Semoga bermanfaat dan terima kasih
0 Komentar untuk "Tips Memotret Milky Way "

Back To Top